Title dan URL Blogger yang SEO Friendly

Diposting oleh Kerajaan Online Minggu, 10 Juli 2011


Sebagai salah satu platform blog sejuta umat, blogger memiliki kekurangan dimana kita tidak bisa merubah url sesuai yang kita inginkan. Semua tergantung pada title yang kita gunakan, permasalahan muncul ketika title yang kita gunakan terlalu panjang maka blogger akan secara otomatis memotongnya. Berbeda dengan Wordpress sebagai saingan blogger yang mempunyai fasilitas memotong link sehingga lebih pendek dan SEO Friendly.


Didalam blog Blogger Tutorial ini kita akan membuat beberapa alternatif supaya dapat merubah title dan url sesuai yang kita inginkan. Disini ada 2 cara yang bisa kita gunakan, cara sederhana dan dengan menambahkan tambahan code secara manual per URL.


Cara pertama untuk mempersingkat URL adalah dengan permainan input Judul Artikel pada Post Editor Blogger. Saat pertama menulis suatu artikel anda gunakan judul yang singkat yang tidak terpotong oleh blogger secara langsung.
Contoh:

Ketika anda menggunakan judul artikel "Default Blogger Comments Avatars" maka anda harus menggunakan kata-kata pokok yang tidak biasa di gunakan, maka title yang harus anda gunakan untuk mempersingkat URL adalah "Blogger Comment Avatar".

Setelah selesai mengetik artikel tersebut segera publish, namun sebelum melakukan edit ulang pada titlenya maka Title artikel tersebut masih tetap sama seperti URL. Untuk itu kembali kebagian Edit Post untuk merubah title kembali menjadi "Default Blogger Comments Avatars" dan di publish ulang.

Kelemahan dari cara pertama adalah kita harus melakukan Ping ulang secara manual melalui artikel lain sehingga perubahan yang dilakukan bisa terbaca oleh robots.

Note: Blogger hanya melakukan Ping otomatis sekali pada saat artikel itu terpublish pertama kalinya.

Cara kedua untuk merubah title sesuai dengan keinginan anda. Bagi yang paham bahasa HTML anda dapat melakukan perubahan manual pada tag title untuk setiap url. Namun proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, karena harus melakukannya satu per satu. Cara ini hanya saya anjurkan bagi anda yang sedang mengikuti Kontes SEO atau sedang mengkhususkan untuk mengejar keyword tertentu.

Untuk melakukannya segera menuju pada halaman Edit HTML pada setting template. disana anda cari tag <title> biasanya terdapat setelah code <head>
<title>title blog anda</title>

tambahkan code yang di bold sehingga akan menjadi seperti dibawah ini


<b:if cond='data:blog.url == "ALAMAT URL YANG AKAN ANDA RUBAH TITLENYA"'>
<title>TITLE BARU</title>
<b:else/>

<title>title blog anda</title>
<b:if>




Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Posting Komentar