Memilih Widget Untuk Blogger

Diposting oleh Kerajaan Online Minggu, 10 Juli 2011

Sering kali kita temukan blogger yang mempunyai blog di penuhi dengan ornamen-ornamen tambahan atau widget. Dari pihak blogger sendiri pun membebaskan penggunanya untuk memberikan tambahan sesuai keinginan pemilik blog. Tidak semua widget yang kita pasangkan di blogger sesuai dengan standard web, walau tidak bisa dipungkiri bahwa platform blogspot memang tidak well format dengan standard web.

Add widget

Di beberapa web tutorial banyak terdapat trik-trik untuk mempercantik blogger dengan memanfaatkan external script atau yang biasa di sebut blogger hack. Namun terkadang kita terlalu canggih dalam mengaplikasikannya kedalam suatu blog, sehingga melupakan etika dalam membuat suatu tampilan web atau blog. Saya sendiri termasuk seorang yang suka sekali bermain dengan widget, pengaplikasiannya dan fungsinya. Tapi disini kita dihadapkan pada permasalahan kecocokan antara widget yang kita pakai dengan template. Banyak kita lihat para blogger dengan mengejar fungsi yang kurang mengena tapi mengejar agar blognya terlihat canggih.

Sebetulnya apa guna widget dan bagaimana supanya pengaplikasiannya bisa tepat sasaran tanpa membuang bandwidth atau loading page yang terlalu lama. Anda tidak harus melakukan apa-apa untuk mendapatkan loading page yang cepat dan memperoleh fungsi dari widget itu sendiri. Tapi yang anda perlukan hanya berfikir tepatkah widget tersebut diaplikasikan pada web atau blog anda dan sudah sesuaikah dengan tema web kita. Terlalu banyak ornamen terkadang membuat orang menjadi malas berkunjung ke web kita, hal itu tentunya menganggu untuk blog yang berisi artikel-artikel.

Untuk penggunaan javascript dalam blogger bisa menggunakan external hosting atau dengan memaksanya masuk kedalam html code blogger itu sendiri. Tentunya anda tidak mau ketika pengunjung web anda menunggu loading suatu widget karena terlalu banyak widget yang harus di load. Dari pihak blogger sendiri sudah memberikan beberapa fasilitas standard yang di perlukan untuk suatu blog, dari navigasi sampai kepada feeds situs. Dengan menggunakan fasilitas yang sudah diberikan tersebut, tentunya anda akan dihindarkan dari permasalahan loading page yang terlalu lama.

Bukan berarti kita harus melupakan blogger hack, banyak dari fasilitas yang di berikan oleh blogger yang memang kalah dari beberapa saingan terdekat seperti Wordpress dan Joomla. Jangan tanyakan kepada saya platform apa yang harus anda gunakan jika ingin membuat web, saya tidak akan menyarankan penggunaan blogger jika anda memang berniat membuat profesional web. Namun jika anda bisa atau mengerti tentang bahasa-bahasa web tentunya anda bisa mengaplikasikannya ke platform blogger.

Jadi saran saya jadikanlah blog blogger anda menjadi semakin indah tanpa melupakan etika dalam pembuatan suatu halaman blog atau web.

Posting Komentar