Webmaster dan SEO Tool

Diposting oleh Kerajaan Online Minggu, 10 Juli 2011

Sebagai seorang webmaster ataupun seorang blogger tentunya kita memerlukan tools yang bisa di gunakan untuk memeriksa keadaan blog kita. Kita tentunya tidak hanya menulis dan menulis sedangkan tampilan blog kita tampak berantakan, ingat kenyamanan pembaca adalah prioritas penting dalam blogging sehingga betah di dalam menyimak tiap-tiap artikel yang kita tulis.

SEO tools

Selain itu kita juga memerlukan Search Engine Optimization baik onpage maupun offpage, selain berguna untuk meningkatkan pagerank ( monetize ) SEO juga berguna untuk menempatkan artikel kita pada posisi atas search engine. Sematik HTML juga menjadi sangat penting ketika kita di hadapkan pada browser yang berbeda, sehingga yang merasa bermain dengan design template harus mempunyai tool yang bisa digunakan mengetahui screenshot dalam berbagai browser.

Beberapa SEO Analyzer dan Webmaster tools:
SEO centro Meta Analyzer
Dalam tool ini kita bisa mengetahui singkronisasi antara meta / title dan isi artikel yang dituankan dalam bentuk persentase. Selain itu SEOcentro juga memberikan keyword destination yang bisa menentukan keakuratan isi posting dalam mengejar salah satu keyword. Dari segi penggunaan tools ini sangat mudah sehingga para blogger ataupun webmaster bisa menggunakannya.

Raven SEO Analyzer
Untuk tools yang satu ini tampil lebih sederhana dengan hanya menyebutkan kesalahan dan memberikan sedikit clue untuk kesalahan yang kita buat. Contoh mudah adalah kesalahan sematik letak heading pada template blogger dimana h2 terletak terbalika dengan h3. Untuk penilaian Raven SEO memberikan penilaian antara 0 - 100 dengan cara kerja hampir mirip dengan W3C validator namun dengan bubuhan SEO.

W3C Validator
Jika anda penganut standard web tentunya perlu markup yang biasa digunakan untuk mengetahui apakah web atau blog yang dibuat valid HTML. Validatioon checker yang satu ini cukup lengkap memberikan letak kesalahan dan petunjuk untuk memperbaikinya. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan standard validasinya tidak terlalu tinggi, namun jika anda ingin standard yang lebih tinggi anda bisa mencari validator lainnya.

CSS Validator
Selain untuk HTML ada juga validator untuk CSS namun sayang vasilitas yang di berikan oleh W3.org ini masih berputar pada CSS2 sehingga bagi anda pengguna CSS3 jangan harap bisa valid untuk validasi dari w3.org ini.

Browser Shots Checker
Walau terkesan sederhana namun ini sering dilupakan oleh beberapa webmaster, yaitu tampilan di beberapa browser lain. Salah satu yang paling bermasalah adalah IE6 dimana 1px saja perbedaan maka akan menyebapkan template rusak. Pastinya kejadian seperti itu tidak anda inginkan di template blog anda.

Backlink Checker
Bagi anda yang ingin memperkuat SEO dengan link Building anda memerlukan tool yang satu ini untuk mengetahui seberapa banyak link yang menuju ke web atau blog anda. Ini adalah salah satu situs favorit saya waktu mengikuti kontes Rusli Zainal Sang Visioner karena saya dapat mengetahui link yang menuju ke teman-teman blogger yang lain.

Mypagerank.net
Situs ini cukup lengkap dalam memberikan tool bagi webmaster maupun blogger. Fasilitas Pagerank Check, Alexa rank Check sampai pada fasilitas ping semua di berikan secara gratis walaupun ada beberapa yang harus di wajibkan mendaftar.

Pingler.com
Sesuai dengan namanya, tool ini digunakan untuk ping website atau blog untuk memberi kabar bahwa blog telah update. Pingler sendiri menyediakan instan ping yang bisa dilakukan 1 kali dalam sehari untuk 1 alamat url.

Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui tools online tersebut, namun saya hanya mencoba berbagi kepada yang belum tahu agar kita bisa bersama-sama menggunakannya. Selain tool online kita juga bisa menggunakan plugin yang sudah di sediakan oleh mozilla firefox. Beberapa plugin yang saya gunakan antaralain SEOQuake, FireBug dan Nodofollow mengenai fungsi masing-masing plugin mungkin saya bisa jelaskan di artikel selanjutnya.



Semoga bermanfaat dan terus semangat.

Posting Komentar